Sejarah Kemahasiswaan

          Universitas Sains dan Teknologi Komputer adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Semarang Indonesia. Kampus utamanya terletak di daerah Jl. Majapahit No.605, Pedurungan Kidul, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192, wilayah timur Kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas STEKOM memiliki pusat pengembangan karir berupa gedung 3 lantai seluas 3000 m2 yang terletak di Jl. Majapahit No.304, Pedurungan, Semarang.

          Sejarah perkembangan Universitas Sains dan Teknologi Komputer diawali dengan sebuah lembaga kursus komputer dan elektronika PAT yang didirikan pada tahun 1982. Lembaga kursus komputer dan elektronika PAT berkomitmen untuk memberikan kursus yang berkualitas dengan harga yang terjangkau seperti tertera pada slogan awal kursus PAT ("Biaya hemat, mutu terjamin, lulus siap kerja"). Dalam perkembangannya, lembaga kursus komputer dan elektronika PAT terus maju dan hingga memiliki beberapa cabang di Jawa Tengah dan mendapat penghargaan dari Depdikbud Provinsi Jawa Tengah sebagai juara I kursus teladan se-Jawa Tengah. Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan jaman, lembaga kursus ini terus berlanjut dan pada tahun 1994 berubah bentuk menjadi Akademi PAT dengan SK Mendikbud No. 04/D/0/1994 dengan Program Studi Teknik Elektronika (Diploma III) dan Teknik Komputer (Diploma III).

            Berjalannya waktu membuat Akademi PAT melakukan inovasi dan penyesuaian taraf pendidikan, hingga pada tahun 2002, sesuai dengan SK Mendiknas No. 235/D/O/2002, Akademi PAT berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Komputer dan Elektronika (STEKOM) atau sering pula disebut dengan STEKOM-PAT dengan tiga (tiga) Program Studi, yaitu (1) Sistem Komputer, (2) Teknik Elektronika, dan (3) Teknik Komputer. Seiring dengan berjalannya waktu, STEKOM terus berkembang dengan menambah 8 (delapan) prodi, yaitu:

  1. Desain Grafis (Strata I),
  2. Manajemen Informatika (Strata I),
  3. Komputerisasi Akuntansi (Diploma IV),
  4. Komputer Grafis (Diploma III),
  5.  Komputerisasi Akuntansi (Diploma III) serta di tambah dengan 3 (tiga) program studi yang         sudah ada sebelumnya.

            Cita-cita merubah bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas muncul sejak tahun 2018, oleh sebab itu Yayasan PAT menggabungkan dua institusi, yaitu STMIK Provisi yang berada dibawah naungan Yayasan Provisi Pelita Bangsa dan Akademi Kebidanan Abdi Husada yang berada dibawah naungan Yayasan Abdi Sesami Semarang menjadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer dengan sebutan “Universitas STEKOM” pada tahun 2020 melalui SK Mendikbud No. 604/M/2020 dengan menambah 2 (dua) Program Studi baru, yaitu Program Studi S1 Bisnis dan S1 Kewirausahaan. Dengan begitu, total keseluruhan prodi yang ada di Universitas Sains dan Teknologi Komputer ada 13 Program Studi yang berada di bawah naungan Yayasan Prima Agus Teknik (PAT) yang didirikan oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M. Kom., M, Si., M. M.

            Universitas Sains dan Teknologi Komputer terus melakukan berbagai kreasi dan inovasi baik dalam metode pengajaran/proses belajar-mengajar, fasilitas pendukung, ataupun sarana dan prasarana, sehingga Universitas Sains dan Teknologi Komputer dapat semaksimal mungkin memberikan bekal yang berguna bagi para lulusannya untuk dapat bersaing dan berinovasi dalam dunia kerja. Universitas Sains dan Teknologi Komputer memiliki 11 kampus cabang, yaitu:

  1. Universitas STEKOM Pusat Semarang, Jl. Majapahit No.605 (024) 6723456.
  2. Universitas STEKOM Kampus 2 Semarang, Jl. Siliwangi No.359 (024) 7600452.
  3. Universitas STEKOM Kampus 3 Semarang, Jl. Majapahit No.304 (024) 6717201.
  4. Universitas STEKOM Ungaran, Jl. Diponegoro 3-5 (024) 6921273.
  5. Universitas STEKOM Ambarawa, Jl. Semarang - Yogyakarta (0298) 595352.
  6. Universitas STEKOM Sruwen Salatiga, Jl Raya Sruwen Tenggaran (0298) 3429645.
  7. Universitas STEKOM Kendal Kota, Jl Raya Soekarno Hatta 61 (0294) 382558.
  8. Universitas STEKOM Weleri, Jl Utama Barat 26 (0294) 643613.
  9. Universitas STEKOM Kaliwungu Kendal, Jl. Pantura Semarang - Kendal No.25 0812-2627-8488.
  10. Universitas STEKOM Kartasura, Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57166.
  11. Universitas STEKOM Gunungpati, JL. Kol. HR. Hadianto, 70, Gunung Pati, Banaran, Jl. Kolonel HR Hadijanto, Sekaran, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229.

 

             Mahasiswa mengambil peran yang sentral dalam kehidupan Universitas Sains dan Teknologi Komputer dan menjadi tanggung jawab Universitas untuk dapat mencetak lulusan yang berkualitas, kreatif, inovatif dan mandiri dengan mengikuti perkembangan sains dan teknologi di tingkat nasional maupun internasional. Proses dimana membentuk mahasiswa berkualitas melalui Bidang Kemahasiswaan merupakan salah satu ukuran keberhasilan Universitas Sains dan Teknologi Komputer.

Universitas Sains dan Teknologi Komputer dengan tagline “Kuliahnya Menyenangkan” berkomitmen untuk memfasilitasi berkembangnya berbagai aktivitas bidang kemahasiswaan yang mampu menunjang prestasi akademis. Aktivitas kemahasiswaan dibidang sains, ilmu pengetahuan, teknologi dan bidang-bidang lainnya yang menuntut mahasiswa untuk mengikuti perkembangan jaman. Kegiatan di lingkungan kampus telah menjadi bagian intergral Universitas Sains dan Terknologi Komputer, kegiatan kemahasiswaan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap berkompetisi di era globalisasi. Universitas Sains dan Teknologi Komputer memiliki kebijakan untuk menumbuh kembangkan kemandirian pengelolaan Organisasi Mahasiswa yang hasilnya bisa diimplementasikan keluar kampus/ masyarakat yang menjadikan mereka wirausahawan mandiri dan membuka lapangan kerja baru, sehingga tercipta lulusan yang unggul. Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Sains dan Teknologi Komputer merupakan laboratorium dunia nyata dimana mahasiswa nantinya menyalurkan minat bakat, kreasi, inovasi, eksplorasi yang muaranya nanti mahasiswa harus bisa mandiri membuat lapangan kerja ataupun berwirausaha mandiri. Oleh karena itu, otonomi dan kemandirian pengelolaan Organisasi Mahasiswa sebagai bagian dari proses pembelajaran berbasis pengalaman yang sangat berguna bagi mahasiswa. Melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Sains dan Teknologi Komputer Nomor. 31./Stekom/4.1./2020 Tentang Organisasi Mahasiswa dan Surat Keputusan Rektor Nomor. 12.2.44./Stekom32.III/KP/2020 Tentang Pengangkatan Dosen Pendamping Organisasi Mahasiswa. Melalui surat keputusan tersebut Bidang Kemahasiswaan dan Organisasi Mahasiswa resmi dibentuk dan dioprasionalkan. Diharapkan dengan Organisasi Mahasiswa yang dinaungi Bidang Kemahasiswaan Universitas Sains dan Teknologi Komputer dapat menyalurkan bakat minat mahasiswa dengan berkreasi dan inovasi mandiri dengan mengikuti perkembangan sains, ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang.

 

Profil Kemahasiswaan Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Bidang Kemahasiswaan terdiri dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dengan dua orang Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan di lingkungan Universitas Sains dan Teknologi Komputer yang ditambah dengan staf Bidang Kemahasiswaan. Ruang Bidang Kemahasiswaan terletak di kampus Pusat Jl. Majapahit 605, Semarang, Jawa Tengah-Indonesia. Bidang Kemahasiswaan Universitas Sains dan Teknologi Komputer yang mengurusi berbagai aktivitas kemahasiswaan dan kesejahteraan mahasiswa. Pada periode ini Bidang Kemahasiswaan berada dibawah Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan. Sebagai sebuah institusi, Bidang Kemahasiswaan merupakan salah satu unit kerja strategis yang mampu menghantarkan mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Komputer menjadi aset bangsa Indonesia yang berwawasan global, memiliki jiwa kepemimpinan dan sikap bekerja sebagai tim serta memiliki integritas yang dilandasi nilai-nilai Pancasila.