Wujud Terlaksananya Progam MBKM, Mahasiswa Universitas STEKOM Ikut Serta Dalam Program Magang Di Perusahaan Plastik Sumber Agung


27 Jul 2021/eko hary/Informasi/106 View

Program Magang/Praktik Kerja satu hingga dua semester dalam kebijakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan pengalaman dan pembelajaran yang sangat efektif kepada setiap mahasiswa melalui praktik kerja secara langsung di masing-masing unit tempat bekerja yang dituju. Selama proses magang banyak sekali hal-hal yang bisa diperoleh mahasiswa baik hard skills seperti Keterampilan, Complex problem solving, analytical skill dsb. maupun soft skills seperti etika kerja, komunikasi, kerjasama dsb.

Dengan adanya percepatan keterserapan alumni pada pasar kerja sehingga akan terjalin kerja sama yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak, dimana pihak industri akan memperoleh input calon tenaga kerja yang sesuai kebutuhannya serta mengurangi recruitmen & training cost. Kemudian dari sudut pandang mahasiswa sendiri, mereka juga sudah cukup paham dengan budaya kerja di industry tersebut sehingga akan lebih menguasai situasi & tempat kerja serta proses pengembangan karier yang ada.

Begitupun yang telah dilakukan oleh mahasiswi Universitas STEKOM bernama ALDIANE BERNADETA ILMAWATI program studi Komputerisasi Akuntansi. Dengan berbekal kemampuan teoritis dari kampus, ia mampu mengaplikasikan ilmu akuntansi berbasis komputer yang sudah ia pelajarinya di Universitas STEKOM kemudian di implementasikan di Perusahaan Plastik Sumber Agung. Dengan adanya proses praktik kerja tersebut menjadi media para mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka dapatkan dalam proses perkuliahan sebelumnya.

Setelah mahasiswa selesai menjalani program magang di Perusahaan tersebut, kemudian dari Pihak Manajemen akan memberikan feed back berupa evaluasi penilaian kinerja sesuai dengan kontribusi yang sudah diberikan & akan mendapatkan sertifikat untuk dijadikan “bargain value” yang siap digunakan ketika memasuki dunia kerja kelak . Harapannya, kerjasama lewat praktik kerja/ magang ini akan terus terbina dan menjadi peluang bagi kedua pihak untuk bisa menyediakan & mendapatkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas serta siap untuk terjun ke dunia industry.