Sukses dalam Usia Muda, Dari hobby jadi Hoki


05 Sep 2022/siti tadzkirotul khoiriyah/Berita/67 View

Banyak mahasiswa  Universitas sains dan teknologi kompute menjadi pengusaha sebelum lulus. Salah satunya Paulina Kinanti Eka Praningtyas, pemilik usaha Ipunk Catering.  Paulin Kinanti Eka Praningtyas salah satu mahasiswa Universitas sains dan teknologi komputer dari progdi Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi.

Kinan, begitu akrab disapa, mengaku sebenarnya sudah lama berkeinginan untuk membuka usaha. Di masa pandemi Covid-19, ia memanfaatkannya untuk berjualan makanan melalui usahanya yaitu usaha catering yang diawali secara online.


"Awal dari hobby saya sendiri suka makan, saya berfikir kenapa tidak saya membuat dan menjual makanan yang saya makan ini bisa mendapatkan hasil, dan setelah saya dinyatakan resmi menjadi mahasiswa di Universitas sains dan teknologi komputer, saya mendapatkan pengalaman sebagai wirausahawan melalui Program UKM kewirausahaan di Universitas sains dan teknologi komputer. Program UKM Kewirausahaan ini selalu membantu menghasilkan mahasiswa yang awalnya tidak begitu antusias menjalankan bisnis menjadi antusias dan mereka lebih semangat menjalankan bisnisnya lagi," tutur kinan.


Ipunk Catering, nama usaha catering kinan yang bergerak di bidang makanan, menjual berbagai jenis makanan. Pelanggan biasanya dapat membeli langsung dari toko atau bahkan memsan secara online. "Saya memilih karir di industri makanan ini karena saya sendiri suka makan dan ibu saya yang membantu saya dalam catering ini kebetulan suka masak dan masakannya semua enak-enak, jadi saya kurang lebih tahu tentang aneka ragam masakan dari ibu saya." tutur kinan.


Awal mula karir kinan dimulai dari berjualan makanan ringan dionline dan sampai kecatering yang menjadi besar. Kinan mulai berjualan makanan di masa krisis corona, kemudian mengembangkan produk dengan membuat catering sendiri dirumah dan promosi lewat sosial media, kinan juga membuat poster untuk diflayer kan ke masyarakat sekitar sebagai awal perkenalan produknya.

Sedangkan untuk mengembangkan usahanya, ia menawarkan promosi menarik, menawarkan promo paket termurah, menjaga kualitas makanan dengan harga terjangkau, dan memanfaatkan media sosial untuk promosi. "Sahabat Universitas sains dan teknologi komputer yang ingin berwirausaha, lakukan apa yang ada dan nikmati prosesnya daripada menunggu modal besar untuk memulai berwirausaha," ujarnya.

Kinan sangat berterima kasih kepada Program UKM Kewirausahaan Universitas STEKOM yang selalu membimbingnya dalam belajar kewirausahaan dan membangun kepercayaan dirinya.