REKTOR UNIVERSITAS SAINS DAN TEKNOLOGI KOMPUTER MENGHADIRI ACARA LAUNCHING OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK MELALUI SI KENDAL DI KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL


18 Agu 2022/siti tadzkirotul khoiriyah/Berita/79 View
STEKOM NEWS - Rektor Universitas Sains dan Teknologi Komputer (STEKOM) Dr. Joseph Teguh Santoso M.Kom menghadiri acara launching optimalisasi pelayanan administrasi publik melalui Si Kendal, yang merupakan aplikasi (Sistem Kecamatan e-Arsip Handal) yang terintegrasi dengan website Kecamatan Weleri (kecweleri.kendalkab.go.id). 

Dalam pertemuan tersebut dibahas terkait kerjasama dan dukungan dari berbagai organisasi, sebagai rasa syukur dan terimakasih atas terwujudnya aplikasi Si-Kendal. Camat mengundang Rektor Universitas sains dan teknologi komputer salah satu dari berbagai organisasi yang sudah ikut serta mendukung penuh dalam pengoptimalan pelayanan sehingga kini dapat terwujud aplikasi Si KENDAL (Sistem Kecamatan e-Arsip Handal).



Pembukaan acara dibuka dengan sambutan Bapak Camat  Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, berikut sambutannya 
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Salam sejahtera bagi kita semua,
Yang tehormat,  Bupati Kendal Bapak H. Dico M Ginanduto BSc atau yang mewakili
Yang kami hormati, 
1.Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kendal.
2.Asisten Administrasi Setda Kabupaten Kendal.
3.Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kendal.
4.Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Kendal.
5.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal.
6.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal.
7.Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal.
8.Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kendal.
9.Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kab Kabupaten Kendal.
10.Kepala Bagian Organisasi Setda Kab Kabupaten Kendal.
11.Camat se-Kabupaten Kendal
12.Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal.
13.Rektor Universitas Sains dan Teknologi  (STEKOM) Semarang
14.Forkopimcam Weleri
15.Sekretaris Kecamatan dan para Kasi Kasubbag Kecamatan Weleri
16.Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Weleri
17.Kepala Desa se-Kecamatan Weleri 
18.Ketua Forum Sekretaris Desa Kecamatan Weleri
19.Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Weleri
20.Direktur Radio Swara kendal FM 
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan YME, atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat menghadiri acara Launching Optimalisasi Pelayanan Administrasi Publik Melalui Si KENDAL (Sistem Kecamatan e-Arsip Handal) di Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Sholawat dan salam marilah kita sanjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.
Kepada Bapak Bupati Kendal dan tamu undangan, kami menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian, selamat datang di Kecamatan Weleri. Semoga kehadiran Bapak dan ibu sekalian makin memperkuat pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal sesuai Perda Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2021 - 2026 yaitu : "KENDAL HANDAL, UNGGUL, MAKMUR DAN BERKEADILAN". Kegiatan pagi ini memiliki  keterkaitan dengan visi berkeadilan yaitu suatu kondisi terwujudnya pembangunan yang merata (berbasis wilayah), berimbang dan proporsional bagi seluruh warga masyarakat Kendal dengan ditopang tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, melayani dan partisipatoris. Selain itu juga sesuai dengan misi Bupati Wakil Bupati Kendal khususnya misi kedua yaitu mewujudkan Sumber Daya Manusia yang cerdas sehat jasmani dan rohani, berbudi pekerti luhur, dan memiliki daya saing dalam rangka menyambut revolusi industri 4.0.
Dengan ini kami sampaikan juga apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Universitas Sains Teknologi Komputer (STEKOM) Semarang, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal dan dukungan berbagai organisasi perangkat  daerah lainnya sehingga kini dapat terwujud aplikasi Si KENDAL (Sistem Kecamatan e-Arsip Handal) yang terintegrasi dengan website Kecamatan Weleri (kecweleri.kendalkab.go.id). 
Bermula dari Sekretaris Kecamatan kami, Moh Fatkhurahman SH ME yang sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator atau sebelumnya disebut Dikatpim 3 mendapat tugas untuk membuat rancangan aksi perubahan kinerja organisasi (RAPKO). Setelah mendasarkan pada berbagai permasalahan aktual di Kecamatan Weleri dan berdiskusi dengan saya selaku mentor, dan juga disetujui oleh Coach/Pembimbing Bapak Dr Ir Supriyanto MSi dan narasumber seminar RAPKO mantan Pj Bupati Kendal Bapak Drs Kunto Nugroho HP MSi yang saat ini menjadi Widya Iswara Utama di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, akhirnya disepakati aksi perubahan yang akan dilakukan berjudul Optimalisasi Pelayanan Administrasi Publik melalui Si KENDAL (Sistem Kecamatan e-Arsip Handal) di Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal.
Terhadap gagasan tersebut saya memberikan dukungan mulai dari memberikan arahan dan masukan terhadap gagasan yang amat mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal ini, memfasilitasi apa yang Kecamatan bisa lakukan seperti fasilitasi rapat, bintek, sosialisasi hingga pelaksanaan launching dan implementasinya ke semua seksi dan subbag di Kecamatan serta semua desa di wilayah Kecamatan Weleri. kemudian juga menggerakkan para kepala desa dan sekretaris desa agar mengimplementasikan inovasi ini dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.
Si KENDAL merupakan aplikasi kearsipan yang sudah sesuai dengan Peraturan Bupati Kendal Nomor 35 Tahun 2021 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal yang mengatur pengintegrasian aplikasi. Dengan adanya Si KENDAL diharapkan menjadikan pelayanan publik meningkat, lebih mudah, lebih cepat, dan lebih transparan, sehingga kinerja aparatur meningkat.
Saya berharap aplikasi Si KENDAL ini dapat terus diimplementasikan di Kecamatan Weleri hingga semua desa. Saya juga berharap kepada OPD terkait agar dapat mengembangkan aplikasi ini agar lebih bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Kendal. Kepada Bapak Bupati Kendal, kami mohon Bapak berkenan untuk memberikan arahan dalam sambutan nanti dan berkenan untuk melaunching Si KENDAL (Sistem Kecamatan e-Arsip Handal).
Demikian sambutan kami, atas perhatiannya disampaikan terimakasih.
Wassalamu'alaikum, Wr. Wb.