Dosen STEKOM Sukses Berbisnis di Era Digitalisasi


02 Sep 2022/siti tadzkirotul khoiriyah/Berita/33 View

Kemajuan teknologi di era modern mendorong para pelaku UMKM atau brand lokal melakukan digitalisasi. Selain menjangkau market yang lebih luas, digitalisasi juga bisa mempermudah segala aspek kebutuhan bisnis.  Salah satu contohnya yakni memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial untuk menjajakan produk bisnisnya. 


Salah satu pebisnis yang melakukan digitalisasi adalah Ahmad Zaenuri M,Si. ia merupakan Dosen yang mempunyai jabatan Kaprogdi Kewirausahaan Universitas sains dan teknologi komputer sekaligus owner dari AZNR Clothing. Dia mengaku, karena tuntutan perkembangan zaman di era digital ini, maka teknologi menjadi hal yang penting bagi pelaku usaha. 

"Jadi pelaku usaha mau tidak mau harus terjun dalam digitalisasi dan perlahan mengubah cara konvensional dalam berbisnis," tutur Ahmad Zaenuri M,Si. 

 

Tak hanya marketplace, kata dia, sekarang media sosial juga bisa jadi lahan basah untuk memperluas bisnis. "Bisnis kami sendiri sudah mulai merambah bisnis online sejak 2018, kala itu AZNR Clothing menggunakan website official sebagai platform berjualan online," tutur Ahmad Zaenuri M,Si. Seiring berjalannya waktu, AZNR Clothing terjun dalam pasar yang lebih luas, yakni melalui marketplace dan media sosial di tahun 2019. 


"Pada awal 2022 ini, kami kemudian menyadari betapa pentingnya menggunakan media sosial TikTok. Aplikasi ini memang tengah booming beberapa waktu belakangan dan digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia terutama di usia produktif. Di Februari 2022 kami coba masuk ke sana," tegas Ahmad Zaenuri M,Si. Setelah memahami TikTok, usaha yang dijalankan sejak 2016 ini mencoba memaksimalkan penjualan di sana. "Bayangkan saja, dari platform ini, kami berhasil meningkatkan keuntungan hingga 50 persen. Ini menjadi hal yang sangat positif bagi kami untuk kenalkan produk dan melakukan ekspansi segmentasi," tutur Ahmad Zaenuri M,Si. Tak lupa, seorang pengusaha harus bisa lebih fleksibel dan adaptif terhadap situasi bisnis yang ada. "Disiplin menjalankan bisnis juga menjadi hal utama. Jadi itu semua yang harus dimiliki," ungkap dia. Lanjut dia mengatakan, bisnis yang dijalankan saat ini belum bisa dikatakan sukses. Itu karena tujuannya belum tercapai. Adapun tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis adalah mengelola sumber daya manusia (SDM) dan persaingan bisnis yang semakin ketat.